Langsung ke konten utama

Cara Membuat Brosur PDF Untuk Promosi Barang/Jasa

Secara umum brosur yang digunakan sebagai sarana beriklan memiliki fungsi yang informatif. Artinya bahwa brosur harus bisa membawa informasi dari produk atau jasa yang tengah ditawarkan. Brosur menjadi bagian yang penting sebagai media beriklan.

Cara Membuat Brosur PDF Untuk Promosi BarangJasa


Brosur adalah suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain-lain, yang biasanya terbuat dari kertas yang mana di dalamnya terkandung sejumlah info dan penawaran tentang jasa atau produk.

Sementara PDF (Portable Document Format) merupakan sebuah istilah yang merujuk pada format file yang dibuat oleh Adobe Systems untuk mempermudah dalam kegiatan pertukaran dokumen secara digital.

Apa Itu Brosur PDF ?

Cara Membuat Brosur PDF Untuk Promosi BarangJasa

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.

Brosur PDF merupakan salah satu jenis E-Brochure atau brosur elektronik. Memiliki kelebihan dapat diunduh dibeberapa website, sehingga menjadi sebuah trik baru bagi perusahaan untuk meminimalisir biaya-biaya pemasaran yang telah diterapkan.

E-Boruchure itu sendiri juga akan memudahkan konsumen yang menginginkannya dengan mempersingkat waktu dan kemudahan dalam pengunduhannya.

Mengapa Brosur PDF Lebih Menguntungkan Daripada Brosur Konvensional ?

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.


Karena brosur konvensional yang tidak efisien, brosur yang dibagikan dapat diberi penjelasan secara rinci dari tiap bagiannya, diberi kesempatan untuk bertanya atau menggundang pembaca mengenai tanggapan atas isi atau tampilan brosur yang dibuat maupun isi yang terkait. 

Sedangkan  brosur yang dibuat dalam bentuk elektronik, teknik penyebarannya jelas berbeda dengan yang manual, karena sifatnya terbuka luas  dan bebas diakses dimana saja dan kapan saja bagi siapa yang memerlukannya.

Brosur dalam bentuk PDF tidak memakan biaya lebih banyak daripada brosur konvensional karena tidak perlu biaya mencetak, hanya perlu membagikan file brosur di sosial media atau di website maka promosi barang, jasa, dan hal lain akan tersebar luas serta mudah diakses siapapun.

Kapan Brosur Dibutuhkan  ?

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.


Brosur dibutuhkan saat ingin memasarkan atau menyebarkan informasi mengenai produk dan jasa yang dimiliki agar diketahui oleh khalayak ramai.

Brosur PDF yang di sebar luaskan di sosial media dan website memudahkan proses penyebaran informasi dan memperkecil biaya dibanding brosur konvensional.

Memiliki fungsi yang informatif artinya bahwa brosur harus bisa membawa informasi dari produk atau jasa yang tengah ditawarkan. Brosur menjadi bagian yang penting sebagai media beriklan, sehingga buatlah brosur dengan menarik dan unik sehingga mampu menarik konsumen.

Siapa Yang Biasanya Membutuhkan Brosur PDF ?

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.


Biasanya seorang pebisnis  memerlukan media pemasaran untuk memberikan informasi terkait barang atau jasa miliknya. Jenis pemasaran macam ini cukup efektif,namun mengingat biaya mencetak sebuah brosur dan kemungkinan produk terjual sangatlah tidak pasti,maka di ciptakanlah brosur PDF.

Pebisnis yang dimaksudkan bukan hanya seorang pebisnis yang produknya terkenal, namun pebisnis rumahan, anak sekolahan, pebisnis pinggir jalan bahkan ibu rumah tangga yang mempunyai usaha sampingan juga memerlukan media pemasaran seperti brosur PDF.

Selain mengurangi limbah kertas brosur yang dibuang oleh konsumen, brosur PDF jauh lebih efisien,selain tidak adanya limbah akibat proses pembuatan, Proses penyebaran Brosur PDF pun lebih cepat dan memilik jangkauan yang lebih luas.

Bagaimana Cara Membuat Brosur PDF ?

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.


Sebelum benar-benar membuat sebuah brosur,sebaiknya melakukan:
  1. Perancangan brosur
  2. Persiapan
  3. Pertimbangan ide
  4. Pertimbangan desain
  5. Pertimbangan alat
  6. Pertimbangan produksi
  7. Pertibangan biaya

Dibawah ini adalah cara membuat brosur menggunakan Microsoft Word:
  1. Buka aplikasi  Microsoft Word
  2. Membuat Desain Brosur
  3. Sesuaikan isi dan barang/jasa yang ingin di pasarkan
  4. Jelaskan secara detail dan menarik
  5. Kostum tulisan dan gambar
  6. Simpan
  7. Ubah bentuk format word ke PDF
  8. Upload hasil PDF ke sosial media atau website
Berikut adalah salah satu cara membuat brosur di Canva:
  1. Buka Canva lalu pilih desain "Brosur"
  2. Dari perpustakan elemen desain grafis seperti gambar, ikon, logo, bingkai dan lainnya
  3. Unggah gambar produk/jasa
  4. Rapikan serta tambahkan filter dan text pendukung
  5. Simpan, kini Brosur bisa dibagikan ke akun sosial media atau media apapun.
Setelah brosur jadi,ubah format awal menjadi PDF bisa dilalukan langsung atau melalui website perubah format.Setelahnya bisa diupload di sosial media atau website yang di inginkan.

Dimana Saja Kita Bisa Membuat Brosur PDF ?

Brosur PDF adalah promosi barang, jasa dan lain-lain dalam bentuk PDF (Portable Document Format) ,sehingga dapat mengurangi biaya cetak seperti pada brosur konvensional dahulu.


Umumnya Pembuatan Brosur dilakukan di beberapa website dibawah ini:
  1. Canva
  2. Microsoft Word
  3. Lucidpress
  4. Mycreativeshop
  5. Publis
  6. AnyFlip
  7. Jukebox
  8. PubHTML5
  9. PsPrint
  10. Adobe InDesign CC
  11. Venngage
Beberapa website untuk mengupload brosur PDF yaitu:
  1. Docroid
  2. Edocr
  3. Issuu
  4. Nanopdf
  5. Fdocument

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat brosur adalah:

  1. Elemen dasar dari sebuah desain brosur.
  2. Warna dan foto yang konsisten.
  3. Mudah dibaca, singkat dan ukuran huruf yang friendly.
  4. Judul yang sederhana dan informasi perusahaan yang lengkap.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.  Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat unggahanmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal. Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi

Di era digital ini,  bekerja dari rumah adalah peluang yang sempurna bagi anda yang ingin tetap merasakan kenyamanan suasana rumah, karena alasan kesehatan, tidak ingin jauh dari orang-orang yang dicintai, atau karena tidak suka rutinitas bepergian ke kantor setiap hari.Terlebih lagi pada masa pandemi yang membuat kita menjalani WFH. Bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home) adalah aktivitas di mana seseorang dapat melakukan pekerjaannya di rumah, aktifitas ini terjadi kepada siapa saja yang tidak diharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, misalnya online freelancer ataupun karyawan yang diperbolehkan oleh perusahaannya untuk WFH. Berikut 6 point di bawah ini mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di masa mendatang: 1.Content Strategist/Social Media Strategist Content strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform untuk mendistribusikan konten tersebut. Posisi ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari

Tentang Tri Deprianti

Halo,kenalin namaku Tri Deprianti ,orang orang biasanya manggil aku Tri.Aku lahir di Jawa Barat tapi sejak usia 2  tahun aku sudah pindah ke desa Hangtuah,Riau.Karena besar di sini,aku tidak bisa berbahasa sunda. Nama ; Tri Deprianti Tinggal ; Jl. Kelapa Gading II, Jalur II, SP1, Desa Hangtuah, Kec. Perhentian Raja Orang Tua ; Ayah (Alm) / Ibu - Wirausaha / Jualan / Kerja di Tempat Orang Bersaudara ; 3 Bersaudara - 1P Menikah, 2L Baru Lulus dari STTP, 1Perempuan Anak ke ; 3 dari 3 Bersaudara Suku Asli ; Sunda Agama ; Islam Mata Pelajaran ; Bahasa Inggris / Hobby ; Baca Komik   Prestasi ; Juara Kelas III Cita-cita ; -- Alasan SMK ; Orang Tua / Dekat Kuliah ; - Sosmed ; IG / FB / Tiktok / Twitter Online ; 12 jam Sosmed ; Komik/Unduh video Harapan Selama Magang ; Mengetahui tujuan dan keinginan kedepannya Skill ; Word / Powerpoint / Excel / Edit Video - Capcut Paket Data ; 25GB @ Rp. 70.000,- - Rp.100.000,- Gaji ; Sesuai UMR Saat ini aku sedang melakukan kegiatan PKL karena aku adalah mur