Langsung ke konten utama

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi

Di era digital ini,  bekerja dari rumah adalah peluang yang sempurna bagi anda yang ingin tetap merasakan kenyamanan suasana rumah, karena alasan kesehatan, tidak ingin jauh dari orang-orang yang dicintai, atau karena tidak suka rutinitas bepergian ke kantor setiap hari.Terlebih lagi pada masa pandemi yang membuat kita menjalani WFH.

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi


Bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home) adalah aktivitas di mana seseorang dapat melakukan pekerjaannya di rumah, aktifitas ini terjadi kepada siapa saja yang tidak diharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, misalnya online freelancer ataupun karyawan yang diperbolehkan oleh perusahaannya untuk WFH.

Berikut 6 point di bawah ini mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di masa mendatang:

1.Content Strategist/Social Media Strategist


Content Strategist/Social Media Strategist




Content strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform untuk mendistribusikan konten tersebut. Posisi ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari perencanaan konten, pengembangan, desain, produksi, hingga analisis.

berikut adalah tugas Content Strategist:

  • Membuat spesifikasi dan konten yang sesuai untuk target pasar dari brand.
  • Menyusun strategi dan meningkatkan promosi lewat kualitas konten.
  • Menetapkan strategi untuk editorial sehingga konten bisa konsisten dan menarik di semua platform.
  • Membuat aturan untuk menyamakan tone atau style dari semua konten yang dibuat.
  • Mengukur dan menganalisis apakah strategi content marketing sudah bisa berjalan dengan baik.

Sosial media strategist mungkin bisa dikatakan sebagai “one man for everything” dalam tim.Seorang strategist harus bisa menguasai semua apa yang dikerjakan oleh anggota tim lainnya.Hal itu misalnya, mencari ide baru, membuat campaign, menganalisis report, bahkan berkolaborasi dengan tim lainnya untuk memastikan apakah alur dalam media sosial berjalan dengan baik.

Tugas-tugas dari seorang Social Media Strategist, di antaranya adalah:

  • Membuat content calendar baik mingguan atau bulanan
  • Berinteraksi dengan customer dalam akun media sosial dari brand yang diurus
  • Membalas komentar, melempar pertanyaan, posting konten yang engaging, dan mendorong para customer untuk meninggalkan review atau komentar
  • Mengoptimasi akun media sosial untuk terlihat lebih menarik, seperti profile picture, deskripsi, dan call to action
  • Menganalisis dan tracking hal-hal penting lainnya dari akun media sosial dengan menggunakan tools analisis
  • Mengevaluasi dan melakukan action berdasarkan insight yang ada
  • Mendorong tim untuk selalu memberikan ide-ide segar, memberi saran untuk konten dan juga feedback
  • Melakukan sesi foto untuk brand atau produk
  • Bekerja sama dengan para influencer
  • Menciptakan landing page untuk launching produk
  • Mengarahkan traffic untuk mengunjungi website
  • Mengimplementasi strategi terbaik untuk setiap platform media sosial
  • Membuat strategi untuk meningkatkan subscriber dalam email
  • Menciptakan konten yang engaging
  • Mempersiapkan report analisis
  • Menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan jumlah followers

Gaji seorang Content Strategist sekitar 7jt per bulannya,sedangkan gaji seorang Sosial Media Strategist  untuk di tahun 1-2 sekitar 7-8jt lalu untuk pengalaman kerja 3-4 tahun mendapat gaji sekitar 9-10jt.

2.Sosial Media Spesialist


Sosial Media Spesialist


Social Media Specialist adalah posisi yang fokus untuk menciptakan konten digital secara kreatif dan menarik untuk berbagai jenis platform media sosial sebuah perusahaan. Pembuatan konten tersebut tak lain adalah untuk memperkuat usaha marketing, meningkatkan brand awareness serta mendorong angka penjualan.

Menjadi seorang social media specialist memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

  • Terus mengupdate informasi yang mengalir tentang tren terbaru
  • Melakukan pengecekan tentang kompetitor anda, lantas mengevaluasi apakah anda telah melakukan hal yang benar untuk kemajuan perusahaan/bisnis
  • Membentuk personal connection dengan audience atau klien anda
  • Melakukan tracking dengan me-mention akun orang-orang/klien/brand lain serta layanan customer service dengan merespon komentar dan menjawab pertanyaan, selain itu juga siap menghadapi komplain/respon tak enak dari oranglain terhadap brand anda dan anda berkewajiban mengklarifikasinya dengan baik.
  • Rutin mengecek dan melakukan perbaikan konten
  • Membangun komunitas
  • Meningkatkan advocacy brand anda melalui word of mouth marketing
  • Meningkatkan trust dan kredibilitas di mata komunitas
  • Gunakan juga social media untuk sales/marketing
  • Serta adanya benefit melalui SEO

Untuk range gaji yang akan didapatkan oleh seorang social media specialist berkisar 3.9 juta rupiah hingga 6.9 jutaan. Kabar baiknya, tak sedikit perusahaan yang sudah maju mengeluarkan uang lebih untuk menggaji profesi spesialis media sosial. Range yang diberikan yaitu berkisar 7-9 jutaan rupiah.

3.Content Writer

Content Writer


Content Writer adalah penulis profesional yang membuat berbagai konten-konten menarik dan berkualitas dan mempublishnya di internet. Konten yang dibuat bisa dalam bentuk apa saja, seperti artikel, blog, konten di media sosial, atau apapun yang ditulis dan diterbitkan secara online.

Content Writer bertugas menulis konten yang sesuai dengan pesanan dan relevan dengan platform yang akan diisi. Misalnya untuk website kesehatan, maka kontennya tentu akan berbeda dengan website teknologi.

Content Writer punya tugas untuk menganalisa atau melakukan riset, sebelum membuat tulisan. Data atau informasi yang berada dalam tulisan harus bisa dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Content Writer bertugas untuk mencari kata kunci atau keywords yang akan ditulisnya karena ini berhubungan erat dengan SEO, agar tulisan bisa gampang ditemukan pembaca lewat pencarian Google.
  • Seorang content writer juga bertugas mengedukasi pembacanya, dengan mampu menyajikan informasi yang kompleks tapi gampang dimengerti.
  • Content Writer yang bekerja di divisi Marketing, maka Content Writer harus mampu membuat produk yang ditawarkan mudah ditemukan, demikian juga dengan websitenya bisa mendapatkan viewers yang banyak. Content Writer di divisi marketing merupakan salah satu jabatan yang sangat menguntungkan perusahaan.
  • Content Writer bertugas memahami format penulisan yang baik. Termasuk melakukan self-editing serta memastikan ejaan tanda baca yang baik dan benar pada naskah yang dibuat.
  • Content Writer bertugas menyelesaikan tulisannya sesuai deadline. Content Writer yang kredibel dan profesional tidak akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan atau pesanan tulisan jika bisa dipercaya mampu melaksanakan tugasnya sesuai kesepakatan.

Gaji rata-rata seorang Content Writer sekitar 3.5jt sampai 7.2jt 

4.SEO/SEM Spesialist

SEO/SEM Spesialist


SEO Specialist(Search Engine Optimization)adalah seseorang yang mengoptimalkan situs website untuk mencapai rank (peringkat) mesin pencari yang lebih tinggi. Seorang ahli SEO adalah seseorang yang tahu bagaimana mendapatkan lebih banyak lalu lintas atau traffic (baca pengertian traffic web disini) dari mesin pencari.

SEM Spesialist(Search Engine Marketing)adalah ahli pemasaran di internet.Tugas dalam pemasarannya berupa kegiatan mempromosikan website dengan cara meningkatkan visibilitasnya di mesin telusur,mengoptimalkan konten halaman,mengelola campaign iklan,termasuk iklan di FB,IG,Tiktok dll.

Rata-rata gaji seorang SEO Spesialist adalah sekitar 5,6jt per bulan,sedangkan gaji seorang SEM Spesialist adalah sekitar 6-17jt per bulan

5.Desain Grafis

Desain Grafis


Desainer grafis adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan membuat solusi visual untuk masalah komunikasi. Desainer grafis adalah pekerjaan yang bertugas menemukan cara paling efektif untuk menyampaikan pesan melalui media elektronik dan cetak menggunakan jenis, ilustrasi, warna, animasi, fotografi, dan teknik lainnya.

Tugas-tugas seorang Desain Grafis:

  • Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan
  • Bertemu dengan klien untuk kemudian membahas tujuan bisnis serta kebutuhan pekerjaan
  • Berusaha untuk selalu berfikir kreatif dan menghasilkan ide-ide serta konsep baru yang interaktif
  • Mengembangkan suatu prototype desain, sesuai dengan keinginan dan tujuan klien
  • Menggunakan inovasi serta mendefinisikan desain sesuai dengan waktu dan biaya
  • Melaksanakan presentasi tentang ide dan konsep yang telah dibuat sebelumnya
  • Hasil karya desain grafis harus Proofreading, akurat dan berkualitas tinggi
  • Bekerja dalam tim bersama Copywriter, Fotografer, Illustrator, Desainer, Spesialis Pemasaran dan desainer terkait
  • Menampilkan keterampilan desain dalam bentuk sketsa kasar dan ilustrasi

Gaji Desainer Grafis pemula kisaran 3,7jt,namun bisa naik menjadi 5-6jt sesuai pengalaman kerja dan tempat.

6.Web/Mobile Developer

Web/Mobile Developer


Web Developer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk memprogram kode dari website agar dapat digunakan dengan mudah oleh user.Dalam artian lain, profesi ini bertanggung jawab penuh terhadap pembuatan website dari nol.

Mobile Developer adalah profesi yang memiliki spesialisasi dalam teknologi seluler seperti membuat aplikasi untuk Google Android, Apple iOS, dan Microsoft Windows phone platform.Jadi, secara tidak langsung profesi ini bertugas untuk merancang aplikasi di Play Store maupun App Store sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh user.

Gaji seorang Web Developer sekitar 6jt per   bulannya,sedangkan gaji seorang Mobile Developer adalah sekitar 6-17jt per bulannya. 


Baca juga:Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.  Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat unggahanmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal. Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace

Tentang Tri Deprianti

Halo,kenalin namaku Tri Deprianti ,orang orang biasanya manggil aku Tri.Aku lahir di Jawa Barat tapi sejak usia 2  tahun aku sudah pindah ke desa Hangtuah,Riau.Karena besar di sini,aku tidak bisa berbahasa sunda. Nama ; Tri Deprianti Tinggal ; Jl. Kelapa Gading II, Jalur II, SP1, Desa Hangtuah, Kec. Perhentian Raja Orang Tua ; Ayah (Alm) / Ibu - Wirausaha / Jualan / Kerja di Tempat Orang Bersaudara ; 3 Bersaudara - 1P Menikah, 2L Baru Lulus dari STTP, 1Perempuan Anak ke ; 3 dari 3 Bersaudara Suku Asli ; Sunda Agama ; Islam Mata Pelajaran ; Bahasa Inggris / Hobby ; Baca Komik   Prestasi ; Juara Kelas III Cita-cita ; -- Alasan SMK ; Orang Tua / Dekat Kuliah ; - Sosmed ; IG / FB / Tiktok / Twitter Online ; 12 jam Sosmed ; Komik/Unduh video Harapan Selama Magang ; Mengetahui tujuan dan keinginan kedepannya Skill ; Word / Powerpoint / Excel / Edit Video - Capcut Paket Data ; 25GB @ Rp. 70.000,- - Rp.100.000,- Gaji ; Sesuai UMR Saat ini aku sedang melakukan kegiatan PKL karena aku adalah mur