Digital Marketing menurut saya pribadi adalah cara pemasaran melalui media digital,misal nya saja lewat sosial media seperti Facebook dan Instagram juga bisa melalui Situs atau Website.
Media komunikasi digital yang dicakup dalam digital marketing meliputi email, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya.
Dengan kata lain, pengertian digital marketing dapat juga disimpulkan sebagai bentuk marketing yang melibatkan media komunikasi digital.
Apa itu Digital Marketing menurut para ahli?
- Digital marketing menurut Coviello, Milley And Marcolin (2001:26) adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.
- Digital marketing menurut Heidrick & Struggless (2009:1) adalah perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.
- Digital marketing menurut Urban (2004:2) adalah menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, one-to-one marketing dan “e-marketing” erat kaitannya dengan “digital marketing”.
- Digital marketing menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009:47) adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Tentu saja digital marketing bukan hanya berbicara tentang marketing internet.
- Digital marketing menurut Kleindl & Burrow (2005) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
- Digital marketing menurut Chaffey (2002:14) adalah penerapan teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (website, e-mail, data base, digital TV dan melalui berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk didalamnya blog, feed, podcast, dan jejaring sosial) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran.
Mengapa Digital Marketing itu Penting?
Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional.
Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif.
Dimana kita bisa menemukan Digital Marketing?
Digital marketing bisa kita temukan di platform-platform yang kita gunakan sehari-hari. Website, Instagram, dan Youtube adalah salah satu contoh dari platform yang menghubungkan kita dengan dunia digital.
Kapan kemampuan Digital Marketing dibutuhkan?
Untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui media digital tentunya dibutuhkan suatu skill atau keahlian tersendiri.Maka sebelum memulai untuk berbisnis,alangkah lebih baiknya mempelajari Digital marketing.
Seorang marketing yang memasarkan produk melalui media digital sudah tentu harus menguasai berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan promosi secara online.
Diperlukan seorang marketing yang handal atau ahli dalam melakukan kegiatan pemasaran online sehingga kegiatan promosi bisa berlangsung secara efektif.
Siapa yang membutuhkan kemampuan Digital marketing?
Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif.Maka setiap pebisnis dari bawah,mengah bahan atas semuanya memerlukan kemampuan Digital Marketing
Manfaat jika memiliki kemampuan Digital Marketing:
- Bisnis / Perusahaan tampil profesional
- Omzetnya Naik
- Tidak tertinggal kompetitor
- Produknya Cepat Dikenal
- Butuh penyegaran marketing
Bagaimana Digital marketing bekerja?
Secara umum, digital marketing dapat bekerja secara organic (tidak berbayar) atau paid marketing (berbayar).
Berikut cara kerja digital marketing:
- Membangun sebuah Website atau akun Marketplace untuk bisnis yang akan dipromosikan.
Seperti yang disampaikan di atas, website atau akun marketplace merupakan hal yang dipromosikan menggunakan digital marketing. Karena, website atau akun marketplace tersebut yang akan menampilkan produk atau jasa yang sebenarnya. - Membuat posting di website atau akun Marketplace tersebut (Organic Marketing)
Postingan ini dapat berupa post artikel atau katalog produk yang mempunyai URL tertentu. URL ini akan ditautkan di iklan yang ditampilkan menggunakan digital marketing. - Memilih media periklanan digital marketing (Paid Marketing)
Banyak terdapat media periklanan digital mulai dari sosial media seperti FB Ads, mesin pencari seperti Google AdWords, dan lain-lain. - Melakukan analisis pasar (Paid Marketing).
Analisis pasar sangat menentukan performa iklan yang tampil dan penargetan iklan untuk menghasilkan audience iklan yang tepat. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat anggaran iklan. - Membuat iklan yang menarik dengan menautkan post website atau marketplace (Paid Marketing).
Iklan yang menarik akan membuat audience memberikan perhatian khusus di iklan tersebut, seperti membaca, klik, hingga membeli produk. Semakin menarik iklan, semakin tinggi interaksi audience ketika melihat iklan tersebut. - Publikasi iklan (Paid Marketing).
Setelah semua langkah di atas siap, baru iklan dipublikasi menggunakan anggaran yang sudah ditentukan. Setiap media iklan memerlukan biaya yang berbeda-beda dan performa yang berbeda-beda pula. - Menghasilkan pelanggan dari iklan tersebut.
Tujuan sebenarnya adalah menghasilkan pelanggan dari iklan tersebut. Anda akan melihat perubahan yang terjadi, mulai dari bisnis yang mulai dikenal, kunjungan website meningkat, reputasi semakin baik, hingga terjadinya peningkatan penjualan barang atau jasa.
Baca juga:Tentang Betabisnis
Komentar
Posting Komentar