Langsung ke konten utama

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli

Digital Marketing menurut saya pribadi adalah cara pemasaran melalui media digital,misal nya saja lewat sosial media seperti Facebook dan Instagram juga bisa melalui Situs atau Website.

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Media komunikasi digital yang dicakup dalam digital marketing meliputi email, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya.

Dengan kata lain, pengertian digital marketing dapat juga disimpulkan sebagai bentuk marketing yang melibatkan media komunikasi digital.

Apa itu Digital Marketing menurut para ahli?

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Sedangkan menurut para ahli yang saya kutip melalui justaris.com,Digital marketing memiliki beberapa versi,diantaranya:
  1. Digital marketing menurut Coviello, Milley And Marcolin (2001:26) adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

  2. Digital marketing menurut Heidrick & Struggless (2009:1) adalah perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.

  3. Digital marketing menurut Urban (2004:2) adalah menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, one-to-one marketing dan “e-marketing” erat kaitannya dengan “digital marketing”.

  4. Digital marketing menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009:47) adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Tentu saja digital marketing bukan hanya berbicara tentang marketing internet.

  5. Digital marketing menurut Kleindl & Burrow (2005) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

  6. Digital marketing menurut Chaffey (2002:14) adalah penerapan teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (website, e-mail, data base, digital TV dan melalui berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk didalamnya blog, feed, podcast, dan jejaring sosial) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran.

Mengapa Digital Marketing itu Penting?

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional.

Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif.

Dimana kita bisa menemukan Digital Marketing?

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Digital marketing bisa kita temukan di platform-platform yang kita gunakan sehari-hari. Website, Instagram, dan Youtube adalah salah satu contoh dari platform yang menghubungkan kita dengan dunia digital.

Kapan kemampuan Digital Marketing dibutuhkan?

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui media digital tentunya dibutuhkan suatu skill atau keahlian tersendiri.Maka sebelum memulai untuk berbisnis,alangkah lebih baiknya mempelajari Digital marketing.

Seorang marketing yang memasarkan produk melalui media digital sudah tentu harus menguasai berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan promosi secara online. 

Diperlukan seorang marketing yang handal atau ahli dalam melakukan kegiatan pemasaran online sehingga kegiatan promosi bisa berlangsung secara efektif. 

Siapa yang membutuhkan kemampuan Digital marketing?

Apa itu Digital Marketing Menurut Anda dan Para Ahli


Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif.Maka setiap pebisnis dari bawah,mengah bahan atas semuanya memerlukan kemampuan Digital Marketing

Manfaat jika memiliki kemampuan Digital Marketing:
  • Bisnis / Perusahaan tampil profesional
  • Omzetnya Naik
  • Tidak tertinggal kompetitor
  • Produknya Cepat Dikenal
  • Butuh penyegaran marketing

Bagaimana Digital marketing bekerja?



Secara umum, digital marketing dapat bekerja secara organic (tidak berbayar) atau paid marketing (berbayar). 

Berikut cara kerja digital marketing:
  1. Membangun sebuah Website atau akun Marketplace untuk bisnis yang akan dipromosikan.
    Seperti yang disampaikan di atas, website atau akun marketplace merupakan hal yang dipromosikan menggunakan digital marketing. Karena, website atau akun marketplace tersebut yang akan menampilkan produk atau jasa yang sebenarnya.
  2. Membuat posting di website atau akun Marketplace tersebut (Organic Marketing)
    Postingan ini dapat berupa post artikel atau katalog produk yang mempunyai URL tertentu. URL ini akan ditautkan di iklan yang ditampilkan menggunakan digital marketing.
  3. Memilih media periklanan digital marketing (Paid Marketing)
    Banyak terdapat media periklanan digital mulai dari sosial media seperti FB Ads, mesin pencari seperti Google AdWords, dan lain-lain.
  4. Melakukan analisis pasar (Paid Marketing).
    Analisis pasar sangat menentukan performa iklan yang tampil dan penargetan iklan untuk menghasilkan audience iklan yang tepat. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat anggaran iklan.
  5. Membuat iklan yang menarik dengan menautkan post website atau marketplace (Paid Marketing).
    Iklan yang menarik akan membuat audience memberikan perhatian khusus di iklan tersebut, seperti membaca, klik, hingga membeli produk. Semakin menarik iklan, semakin tinggi interaksi audience ketika melihat iklan tersebut.
  6. Publikasi iklan (Paid Marketing).
    Setelah semua langkah di atas siap, baru iklan dipublikasi menggunakan anggaran yang sudah ditentukan. Setiap media iklan memerlukan biaya yang berbeda-beda dan performa yang berbeda-beda pula.
  7. Menghasilkan pelanggan dari iklan tersebut.
    Tujuan sebenarnya adalah menghasilkan pelanggan dari iklan tersebut. Anda akan melihat perubahan yang terjadi, mulai dari bisnis yang mulai dikenal, kunjungan website meningkat, reputasi semakin baik, hingga terjadinya peningkatan penjualan barang atau jasa.

Baca juga:Tentang Betabisnis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.  Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat unggahanmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal. Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi

Di era digital ini,  bekerja dari rumah adalah peluang yang sempurna bagi anda yang ingin tetap merasakan kenyamanan suasana rumah, karena alasan kesehatan, tidak ingin jauh dari orang-orang yang dicintai, atau karena tidak suka rutinitas bepergian ke kantor setiap hari.Terlebih lagi pada masa pandemi yang membuat kita menjalani WFH. Bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home) adalah aktivitas di mana seseorang dapat melakukan pekerjaannya di rumah, aktifitas ini terjadi kepada siapa saja yang tidak diharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, misalnya online freelancer ataupun karyawan yang diperbolehkan oleh perusahaannya untuk WFH. Berikut 6 point di bawah ini mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di masa mendatang: 1.Content Strategist/Social Media Strategist Content strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform untuk mendistribusikan konten tersebut. Posisi ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari

Tentang Tri Deprianti

Halo,kenalin namaku Tri Deprianti ,orang orang biasanya manggil aku Tri.Aku lahir di Jawa Barat tapi sejak usia 2  tahun aku sudah pindah ke desa Hangtuah,Riau.Karena besar di sini,aku tidak bisa berbahasa sunda. Nama ; Tri Deprianti Tinggal ; Jl. Kelapa Gading II, Jalur II, SP1, Desa Hangtuah, Kec. Perhentian Raja Orang Tua ; Ayah (Alm) / Ibu - Wirausaha / Jualan / Kerja di Tempat Orang Bersaudara ; 3 Bersaudara - 1P Menikah, 2L Baru Lulus dari STTP, 1Perempuan Anak ke ; 3 dari 3 Bersaudara Suku Asli ; Sunda Agama ; Islam Mata Pelajaran ; Bahasa Inggris / Hobby ; Baca Komik   Prestasi ; Juara Kelas III Cita-cita ; -- Alasan SMK ; Orang Tua / Dekat Kuliah ; - Sosmed ; IG / FB / Tiktok / Twitter Online ; 12 jam Sosmed ; Komik/Unduh video Harapan Selama Magang ; Mengetahui tujuan dan keinginan kedepannya Skill ; Word / Powerpoint / Excel / Edit Video - Capcut Paket Data ; 25GB @ Rp. 70.000,- - Rp.100.000,- Gaji ; Sesuai UMR Saat ini aku sedang melakukan kegiatan PKL karena aku adalah mur