Langsung ke konten utama

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]

Riset kata kunci adalah aspek penting dari SEO (atau optimisasi mesin pencari) karena membantu konten menjadi lebih mudah dicari dan terlihat oleh orang.

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Apa itu Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Kata kunci adalah kode,dimana kita mencari sesuatu di mesin pencari,kita tentu perlu memasukan kata/kode hal apa yang kita cari,contoh kita mengetik "laptop pekanbaru",maka mesin pencari akan memunculkan situs dan marketplace yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Meriset adalah mencari,meneliti,mempelajari,dan memahami.Jadi intinya riset kata kunci adalah mempelajari kode di mesin pencari.

Jenis-jenis kata kunci:
1.Kata kunci umum
2.Kata kunci bermerek
3.Kata kunci ekor panjang(lebih 3 kata)
4.Kata kunci beli transaksional
5.Kata kunci informasi

Mengapa Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Alasan mengapa riset kata kunci  diperlukan saat membuat website dan untuk marketplace adalah untuk meneliti kata kunci apa yang paling populer,agar bisa memenangkan hasil pencarian.

Pentingnya melakukan riset keyword terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang digunakan atau diketik oleh pengguna untuk mencari hal yang sedang populer.

Sebelum menentukan keyword apa yang ingin digunakan, kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Pelaku usaha wajib melakukan riset keyword untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang digunakan atau diketik oleh pengguna untuk mencari. 

Dimana Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Dengan mengetahui dan memahami tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci supaya bisa membuat konten yang bisa mucul di urutan pertama di mesin pencari.

Berikut adalah tools gratis dimana kita bisa melihat kata kunci apa yang sedang sering dicari:
  1. Google Trends
  2. Google Search Console
  3. Google Keyword Planner
  4. Google Search
  5. Keywordtool.io
  6. Ahrefs Keyword Generator
  7. SEMrush Keyword Magic Tool
  8. Ubersuggest
  9. MOZ Keyword Explorer
  10. Keyword Sheeter

Kapan Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Riset kata kunci atau riset keyword diperlukan saat hendak membuat sarana online, sepeti website, untuk berjualan online.Lakukan riset sebelum memulai membuat website atau produk agar bisa tahu apa keyword yang paling populer.

Ketika melakukan riset bisa mengetahui tentang keyword apa yang potensial untuk dijadikan sebagai konten. Ketika kamu mendapatkan keyword yang potensial kamu bisa lebih mudah mendapatkan trafik atau pengunjung ke website kamu.

Siapa Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Riset keyword adalah proses menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan saat membuat artikel di blog atau website. Dengan melakukan riset bisa mengetahui apa saja frasa yang digunakan orang saat melakukan pencarian di search engine seperti Google, bing, dan sebagainya.

Siapapun membutuhkan riset kata kunci agar rencana pemasaran digital berjalan lancar.

Berikut beberapa fakta yang jarang orang tahu:
  • Lebih dari 90% lalu lintas situs web berasal dari mesin pencari
  • Lebih dari 40% lalu lintas eCommerce berasal dari pencarian mesin organik
  • 75% Pengguna tidak akan bisa melewati halaman pertama dari Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP)

Bagaimana Riset Kata Kunci?

Riset Kata Kunci di Google dan Marketplace [Tokopedia,Lazada,Shopee, dan Facebook Marketplace]


Bagaimana menemukan kata kunci?Carilah kata yang diulang - ulang beberapa kali pada bacaan tersebut. Dalam beberapa contoh kata yang diulang adalah kata kunci karena kata yang diulang-ulang tersebut merupakan kata yang penting yang dibahas di dalam paragraf. Carilah kata kunci yang ada dalam ide pokok paragraf.

Cara-cara riset adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan tujuan
    Tetapkan tujuan terlebih dahulu,apakah kata kunci untuk membidik visitor atau untuk mendapat pembeli sebanyak banyaknya,maka bisa menentukan apa kata kunci yang sesuai
  2. Mencari kata kunci dasar
    Kata kunci dasar umumnya hanya terdiri dari dua kata saja,misal:toko online,barang murah dan lain sebagainya
  3. Mencari kata kunci yang long tail 
    Kata kunci long tail adalah kata kunci turunan,biasanya berisi penjabaran atau detail lengkap dari kata kunci dasar.
  4. Analisis tingkat pesaing di mesin pencari
    Melakukan analisis  memungkinkan untuk mendapat informasi tentang volume pencarian.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.  Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat unggahanmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal. Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi

Di era digital ini,  bekerja dari rumah adalah peluang yang sempurna bagi anda yang ingin tetap merasakan kenyamanan suasana rumah, karena alasan kesehatan, tidak ingin jauh dari orang-orang yang dicintai, atau karena tidak suka rutinitas bepergian ke kantor setiap hari.Terlebih lagi pada masa pandemi yang membuat kita menjalani WFH. Bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home) adalah aktivitas di mana seseorang dapat melakukan pekerjaannya di rumah, aktifitas ini terjadi kepada siapa saja yang tidak diharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, misalnya online freelancer ataupun karyawan yang diperbolehkan oleh perusahaannya untuk WFH. Berikut 6 point di bawah ini mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di masa mendatang: 1.Content Strategist/Social Media Strategist Content strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform untuk mendistribusikan konten tersebut. Posisi ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari

Tentang Tri Deprianti

Halo,kenalin namaku Tri Deprianti ,orang orang biasanya manggil aku Tri.Aku lahir di Jawa Barat tapi sejak usia 2  tahun aku sudah pindah ke desa Hangtuah,Riau.Karena besar di sini,aku tidak bisa berbahasa sunda. Nama ; Tri Deprianti Tinggal ; Jl. Kelapa Gading II, Jalur II, SP1, Desa Hangtuah, Kec. Perhentian Raja Orang Tua ; Ayah (Alm) / Ibu - Wirausaha / Jualan / Kerja di Tempat Orang Bersaudara ; 3 Bersaudara - 1P Menikah, 2L Baru Lulus dari STTP, 1Perempuan Anak ke ; 3 dari 3 Bersaudara Suku Asli ; Sunda Agama ; Islam Mata Pelajaran ; Bahasa Inggris / Hobby ; Baca Komik   Prestasi ; Juara Kelas III Cita-cita ; -- Alasan SMK ; Orang Tua / Dekat Kuliah ; - Sosmed ; IG / FB / Tiktok / Twitter Online ; 12 jam Sosmed ; Komik/Unduh video Harapan Selama Magang ; Mengetahui tujuan dan keinginan kedepannya Skill ; Word / Powerpoint / Excel / Edit Video - Capcut Paket Data ; 25GB @ Rp. 70.000,- - Rp.100.000,- Gaji ; Sesuai UMR Saat ini aku sedang melakukan kegiatan PKL karena aku adalah mur