Riset kata kunci adalah aspek penting dari SEO (atau optimisasi mesin pencari) karena membantu konten menjadi lebih mudah dicari dan terlihat oleh orang.
Apa itu Riset Kata Kunci?
Kata kunci adalah kode,dimana kita mencari sesuatu di mesin pencari,kita tentu perlu memasukan kata/kode hal apa yang kita cari,contoh kita mengetik "laptop pekanbaru",maka mesin pencari akan memunculkan situs dan marketplace yang sesuai dengan kata kunci tersebut.
Meriset adalah mencari,meneliti,mempelajari,dan memahami.Jadi intinya riset kata kunci adalah mempelajari kode di mesin pencari.
Jenis-jenis kata kunci:
1.Kata kunci umum
2.Kata kunci bermerek
3.Kata kunci ekor panjang(lebih 3 kata)
4.Kata kunci beli transaksional
5.Kata kunci informasi
Mengapa Riset Kata Kunci?
Alasan mengapa riset kata kunci diperlukan saat membuat website dan untuk marketplace adalah untuk meneliti kata kunci apa yang paling populer,agar bisa memenangkan hasil pencarian.
Pentingnya melakukan riset keyword terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang digunakan atau diketik oleh pengguna untuk mencari hal yang sedang populer.
Sebelum menentukan keyword apa yang ingin digunakan, kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Pelaku usaha wajib melakukan riset keyword untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang digunakan atau diketik oleh pengguna untuk mencari.
Dimana Riset Kata Kunci?
Dengan mengetahui dan memahami tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci supaya bisa membuat konten yang bisa mucul di urutan pertama di mesin pencari.
Berikut adalah tools gratis dimana kita bisa melihat kata kunci apa yang sedang sering dicari:
- Google Trends
- Google Search Console
- Google Keyword Planner
- Google Search
- Keywordtool.io
- Ahrefs Keyword Generator
- SEMrush Keyword Magic Tool
- Ubersuggest
- MOZ Keyword Explorer
- Keyword Sheeter
Kapan Riset Kata Kunci?
Riset kata kunci atau riset keyword diperlukan saat hendak membuat sarana online, sepeti website, untuk berjualan online.Lakukan riset sebelum memulai membuat website atau produk agar bisa tahu apa keyword yang paling populer.
Ketika melakukan riset bisa mengetahui tentang keyword apa yang potensial untuk dijadikan sebagai konten. Ketika kamu mendapatkan keyword yang potensial kamu bisa lebih mudah mendapatkan trafik atau pengunjung ke website kamu.
Siapa Riset Kata Kunci?
Riset keyword adalah proses menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan saat membuat artikel di blog atau website. Dengan melakukan riset bisa mengetahui apa saja frasa yang digunakan orang saat melakukan pencarian di search engine seperti Google, bing, dan sebagainya.
Siapapun membutuhkan riset kata kunci agar rencana pemasaran digital berjalan lancar.
Berikut beberapa fakta yang jarang orang tahu:
- Lebih dari 90% lalu lintas situs web berasal dari mesin pencari
- Lebih dari 40% lalu lintas eCommerce berasal dari pencarian mesin organik
- 75% Pengguna tidak akan bisa melewati halaman pertama dari Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP)
Bagaimana Riset Kata Kunci?
Bagaimana menemukan kata kunci?Carilah kata yang diulang - ulang beberapa kali pada bacaan tersebut. Dalam beberapa contoh kata yang diulang adalah kata kunci karena kata yang diulang-ulang tersebut merupakan kata yang penting yang dibahas di dalam paragraf. Carilah kata kunci yang ada dalam ide pokok paragraf.
Cara-cara riset adalah sebagai berikut:
- Menetapkan tujuan
Tetapkan tujuan terlebih dahulu,apakah kata kunci untuk membidik visitor atau untuk mendapat pembeli sebanyak banyaknya,maka bisa menentukan apa kata kunci yang sesuai - Mencari kata kunci dasar
Kata kunci dasar umumnya hanya terdiri dari dua kata saja,misal:toko online,barang murah dan lain sebagainya - Mencari kata kunci yang long tail
Kata kunci long tail adalah kata kunci turunan,biasanya berisi penjabaran atau detail lengkap dari kata kunci dasar. - Analisis tingkat pesaing di mesin pencari
Melakukan analisis memungkinkan untuk mendapat informasi tentang volume pencarian.
Baca juga:Belajar Menulis Artikel SEO Friendly
Komentar
Posting Komentar