Langsung ke konten utama

Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

Landing page adalah sebuah halaman situs yang dibuat khusus untuk sebuah marketing campaign atau iklan. Biasanya, pengunjung akan mengklik link dari sebuah email, Google Ads, media sosial, atau sumber-sumber lainnya. Kemudian, halaman yang terbuka dari link tersebut dikenal sebagai landing page.

Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

Landing page ini menjadi kesempatan berharga bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi pengunjung. Di sini, pengunjung akan diminta memasukkan berbagai data pribadinya, seperti email, jenis kelamin, usia, dan nomor telepon. Landing page juga berfungsi untuk meningkatkan conversion rate.

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search).
Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren



Dibanding dengan website, landing page bisa membantu  menghasilkan lebih banyak rupiah dari website toko online loh.

Bagaimana Karakteristik Landing Page ?

Dibawah ini merupakan karakteristik landing page
Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

  1. Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website
  2. Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website. Misalnya, https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia di mana kami menyediakan informasi lengkap soal web hosting dan tombol pembelian;
  3. Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama landing page yaitu: 
Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

Landing page untuk mengumpulkan data

Pertama, landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.

Landing page untk mempercepat transaksi

Kedua, landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, landing page memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Jenis-Jenis Landing Page

Secara umum, ada dua jenis landing page, yaitu: 
Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

Lead generation landing pages 

Pertama adalah lead generation landing pages (kadang disebut juga lead gen atau lead capture pages). Lalu yang kedua adalah click-through landing pages. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

Lead generation landing pages berfungsi untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Utamanya, data dalam bentuk nama dan alamat email. Kedua data ini kemudian akan disimpan dan dipakai bisnis untuk merawat hubungan dengan calon pelanggan. 

Lewat alamat email itulah pemilik bisnis biasanya mengirimkan berbagai info promo dan diskon, berita, artikel blog, dan konten lainnya (ebook, checklist, dan materi yang bisa diunduh lainnya). Praktik macam ini umum dipakai dalam model marketing B2B. Hal serupa juga sering dipakai dalam bisnis dengan produk atau layanan berbiaya tinggi.

Click-through landing pages

Lalu yang kedua adalah click-through landing pages., click-through landing pages biasanya dipakai dalam e-commerce atau model marketing B2C. Halaman yang ditampilkan biasanya hanya membuat satu tombol sederhana. Tombol tersebut sering memuat tulisan semacam “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Shop Now” dan sebagainya.

Halaman macam ini menggiring pengunjung untuk segera melakukan pembelian di website. Tombol navigasi yang terbatas memperkecil kemungkinan pengunjung untuk “melompat” ke halaman lainnya.

Manfaat landing page

Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari adanya landing page:
Contoh Landing Page Penjualan Produk dan Jasa Yang Menarik dan Keren

1. Sarana promosi

Manfaat pertama dari landing page adalah sebagai sarana promosi. Di landing page, kamu bisa memasukkan informasi singkat dengan tulisan yang besar terkait promosi yang sedang kamu jalankan.

Kamu mungkin sedang memiliki berbagai jenis promosi. Namun, kamu hanya perlu menonjolkan salah satunya dalam landing page.

2. Meningkatkan conversion rate

Selain sebagai sarana promosi, landing page juga berfungsi untuk meningkatkan conversion rate. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya hadir ke situsmu.

Lebih dari itu, pengunjung juga melakukan sebuah aksi yang kamu inginkan, seperti berlangganan newsletter atau membuat akun.

Dikutip dari Crazy Egg, conversion rate yang tinggi akan mendorong pengunjung masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.

3. Mendapat data leads

Manfaat ketiga dari landing page adalah mendapat data leads. Memang, ini tergantung dengan jenis landing page yang kamu gunakan. Namun, umumnya landing page akan meminta informasi pengunjung, seperti nama, email, dan jenis kelamin.

Setidaknya, kamu sudah memiliki informasi dasar tentang pengunjungmu untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Kesimpulannya, landing page adalah halaman terpisah dari situs sebuah perusahaan yang berfungsi untuk meningkatkan conversion rate.

Contoh Landing Page

Berikut di bawah ini merupakan contoh landing page Ruang Guru

Ruang Guru menyediakan form dengan dua kolom pilihan yang bisa dikustomisasi. Kolom di sebelah kiri memberikan opsi jenjang kelas dari SD hingga persiapan universitas. Di sebelah kanannya, terdapat durasi bimbingan belajar yang diinginkan.

Biaya bimbel seketika muncul di bagian bawah. Tepat ketika Anda menyesuaikan jenjang kelas dan durasi paket langganan. Desain form semacam ini cukup friendly bagi user. Mereka tak perlu membaca satu per satu daftar harga untuk kelas yang diperlukan.

Elemen yang bisa ditiru dari contoh landing page Ruangguru:
  1. Pembagian space untuk informasi dan form yang seimbang.
  2. Dalam subheadline terdapat kata-kata yang menambah kepercayaan calon pelanggan: …yang telah dipercaya lebih dari 15.000.000 pelajar dan lebih dari 300.000 guru di Indonesia.”
  3. Foto brand ambassador memperkuat reputasi dan kepercayaan pada brand.
  4. Penyebutan fitur yang ditawarkan dalam bentuk ilustrasi sederhana.
  5. Form yang responsif dan user-friendly.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.  Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat unggahanmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal. Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace

Pekerjaan yang Bisa Kerja dari Rumah di masa mendatang dengan gaji tinggi

Di era digital ini,  bekerja dari rumah adalah peluang yang sempurna bagi anda yang ingin tetap merasakan kenyamanan suasana rumah, karena alasan kesehatan, tidak ingin jauh dari orang-orang yang dicintai, atau karena tidak suka rutinitas bepergian ke kantor setiap hari.Terlebih lagi pada masa pandemi yang membuat kita menjalani WFH. Bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home) adalah aktivitas di mana seseorang dapat melakukan pekerjaannya di rumah, aktifitas ini terjadi kepada siapa saja yang tidak diharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, misalnya online freelancer ataupun karyawan yang diperbolehkan oleh perusahaannya untuk WFH. Berikut 6 point di bawah ini mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di masa mendatang: 1.Content Strategist/Social Media Strategist Content strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten, hingga memilih platform untuk mendistribusikan konten tersebut. Posisi ini juga akan fokus pada beberapa hal, mulai dari

Tentang Tri Deprianti

Halo,kenalin namaku Tri Deprianti ,orang orang biasanya manggil aku Tri.Aku lahir di Jawa Barat tapi sejak usia 2  tahun aku sudah pindah ke desa Hangtuah,Riau.Karena besar di sini,aku tidak bisa berbahasa sunda. Nama ; Tri Deprianti Tinggal ; Jl. Kelapa Gading II, Jalur II, SP1, Desa Hangtuah, Kec. Perhentian Raja Orang Tua ; Ayah (Alm) / Ibu - Wirausaha / Jualan / Kerja di Tempat Orang Bersaudara ; 3 Bersaudara - 1P Menikah, 2L Baru Lulus dari STTP, 1Perempuan Anak ke ; 3 dari 3 Bersaudara Suku Asli ; Sunda Agama ; Islam Mata Pelajaran ; Bahasa Inggris / Hobby ; Baca Komik   Prestasi ; Juara Kelas III Cita-cita ; -- Alasan SMK ; Orang Tua / Dekat Kuliah ; - Sosmed ; IG / FB / Tiktok / Twitter Online ; 12 jam Sosmed ; Komik/Unduh video Harapan Selama Magang ; Mengetahui tujuan dan keinginan kedepannya Skill ; Word / Powerpoint / Excel / Edit Video - Capcut Paket Data ; 25GB @ Rp. 70.000,- - Rp.100.000,- Gaji ; Sesuai UMR Saat ini aku sedang melakukan kegiatan PKL karena aku adalah mur